Diganjar Kartu Merah, Berapa Pertandingan Ronaldo akan Dihukum?

"Keputusan wasit Felix Brych itu memang kontroversial"
Cristiano Ronaldo beteriak ke wasit mengungkapkan kekesalannya usai diganjar kartu merah (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Federasi sepakbola Eropa-UEFA belum menentukan hukuman bagi penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo yang mendapatkan kartu merah di laga perdana Liga Champions melawan Valencia, dinihari WIB tadi.

Keputusan wasit Felix Brych itu memang kontroversial, ada yang menyebutkan bahwa bintang asal Portugal itu bersalah, ada pula yang membelanya seakan tindakannya tersebut adalah hal yang biasa.

Namun itu semua berpulang pada putusan Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA. Mantan pemain Real Madrid tersebut berpotensi bakal absen lama, bisa pula hanya satu pertandingan saja, itu semua tergantung pada putusan UEFA.

Menurut aturan UEFA, sebuah kartu merah akan membuat seorang pemain otomatis absen di laga Eropa selanjutnya.

Akan tetapi, jika si pemain terbukti melakukan 'pelanggaran serius', maka UEFA bisa memperberat hukumannya. Artinya, jika terbukti, larangan bermain Ronaldo bisa bertambah minimal dua pertandingan atau bahkan lebih.

Kemungkinan terburuk, Ronaldo bisa dihukum tiga laga. Kalau ini yang terjadi, ia bakal absen melawan eks klubnya, Manchester United, baik laga tandang maupun tandang, yang merupakan matchday ketiga dan keempat Grup H.

Juventus dan Ronaldo sendiri diyakini akan mengajukan banding, apa pun keputusan dari UEFA.

Ronaldo diganjar kartu merah ketika dia menggiring bola ke kotak terlarang Valencia di menit 29. Saat itu ia dihalangi oleh pemain belakang tim Liga Spanyol-La Liga, Jeison Murillo hingga terjatuh.

Saat bangkit, Ronaldo tampak menyentuh kepala Murillo untuk memintanya untuk segera bangkit, dan seketika hal itu memicu keributan antar sesama pemain usai wasit meniup pluit tanda pelanggaran.

Ternyata tindakan Ronaldo yang dilakukan seakan tanpa sengaja itu mendapat respon yang lebih dari wasit Brych. Setelah berkonsultasi dengan asisten wasit di belakang gawang, Brych secara mengejutkan mencabut kartu merah dari ... Baca halaman selanjutnya