UEFA Nations League Dinilai Tak Serius, Ini Kata Gary Neville

"Neville pun yakin UNL akan berkembang mencapai tahap Liga Champions (UCL) saat ini"
UEFA Nations League (UEFA)

KLIKPOSITIF -- UEFA Nations League (UNL) menjalani debutnya musim ini. UNL dirancang UEFA dengan maksud memberi bumbu kompetitif pada laga-laga uji coba yang pada umumnya tak dianggap serius. UNL memiliki sistem yang jelas, juga memperebutkan trofi.

Mantan pemain timnas Inggris dan Manchester United, Gary Neville merasa UNL akan berkembang jadi kompetisi yang bagus. Jika saat ini UNL masih tampak meragukan, Neville meminta banyak pihak memakluminya, UNL masih butuh waktu.

Selain itu, Neville percaya UNL akan membuat pemain-pemain sulit menolak panggilan timnas. Pada umumnya, banyak pemain yang melewatkan laga uji coba dengan berbagai alasan. Kini UNL membuat pemain lebih bersemangat. Neville pun yakin UNL akan berkembang mencapai tahap Liga Champions (UCL) saat ini.

Menurut Neville, seluruh pihak yang meragukan UNL harus mau bersabar. Dia menilai gagasan untuk menghapus rasa persahabatan dari laga uji coba sudah bagus, hanya saja UNL butuh waktu untuk berkembang jadi lebih baik.

"Saya pikir terhadap Nations League apa yang harus kita lakukan adalah bersabar dan menerima prinsip bahwa menghapus elemen persahabatan dari laga uji coba adalah hal positif," buka Neville di skysports.

"Selalu ada alasan terhadap laga uji coba dan kita harus menyambut setiap laga sebagai laga penting. Saat ini kita melihat UNL masih dalam tahap embrio tetapi ketika anda berkaca pada Liga Champions saat ini ketimbang saat pertama kali dimulai beberapa tahun silam, jelas ada perbedaan besar," imbuh Neville.

Lebih lanjut, Neville percaya elemen kompetitif dalam laga uji coba adalah hal penting. Selama ini dia merasa ada terlalu banyak pertandingan yang dianggap remeh, uji coba tak pernah benar-benar menguji kekuatan tim. Dengan adanya UNL, Neville berharap level pertandingan terus meningkat dan bisa menguji kekuatan yang sesungguhnya.

"Orang-orang bisa mencoba mengabaikannya (UNL) dan mempertanyakan apa maksudnya, ... Baca halaman selanjutnya