Mandzukic Pensiun dari Timnas Kroasia

"Total 14 tahun Mandzukic mengabdikan diri untuk Kroasia."
Mario Mandzukic (Juventus.com)

KLIKPOSITIF -- Mario Mandzukic akhirnya membuat keputusan perihal masa depannya bersama Timnas Kroasia. Striker berusia 32 tahun itu resmi memutuskan untuk pensiun dari sepakbola internasional. Piala Dunia 2018 menjadi keterlibatan terakhir Mandzukic bersama Vatreni -julukan Timnas Kroasia.

Mandzukic menjadi andalan Kroasia dalam beberapa tahun terakhir. Pada pentas Piala Dunia 2018, striker yang kini memperkuat Juventus itu pun tampil gemilang dan membawa Kroasia melaju hingga babak final. Sayang, di partai puncak, Vatreni akhirnya kalah dari Prancis dengan skor 2-4.

Mandzukic sendiri sudah menjadi bagian dari skuat Timnas Kroasia sejak masih di level junior. Dan pada usia 32 tahun, eks penyerang Bayern Munich dan Atletico Madrid itu akhirnya memutuskan pensiun. Total 14 tahun Mandzukic mengabdikan diri untuk Kroasia.

Mandzukic mengaku telah membuat keputusan yang sulit. Namun, ia memastikan tidak akan mengubah keputusan ini.

"Saya sadar bahwa inilah saatnya untuk mengatakan; saya pensiun dari skuat Kroasia," demikian pernyataan Mandzukic di laman resmi Federasi Sepakbola Kroasia [HNSA], .

"Medali perak Piala Dunia telah memberi saya energi baru, tapi itu juga bisa membuat keputusan sulit ini terasa lebih mudah. Kami telah mewujudkan mimpi kami, meraih sukses yang bersejarah dan mendapat dukungan luar biasa," sambungnya.

Bersama timnas senior Kroasia, Mandzukic sendiri menjalani debutnya pada 2007 lalu. Mandzukic pun selalu ambil bagian pada turnamen besar yang diikuti oleh Kroasia mulai dari Piala Eropa 2012 hingga Piala Dunia 2018 lalu. Total, dia mencatatkan 89 caps.

Termasuk satu golnya di partai final Piala Dunia 2018, total 33 gol dipersembahkan Mandzukic untuk timnas senior Kroasia. Mandzukic jadi top skor kedua sepanjang masa Kroasia, di bawah Davor Suker yang mencetak 45 gol. [Suara.com]