Barcelona Torehkan Rekor di Musim 2017/2018

"Barcelona meraup pendapatan 914 juta euro (sekitar Rp 15,3 triliun)"
Barcelona emblem (shutterstock)

KLIKPOSITIF -- Barcelona mengumumkan hasil pendapatan klub pada musim 2017/18. Dalam pengumuman yang dipublikasikan di laman resmi klub, Senin (16/7), Barcelona meraup pendapatan 914 juta euro (sekitar Rp 15,3 triliun).

Jumlah ini menjadi rekor dalam sejarah klub yang berdiri pada 29 November 1899. Untuk pengeluaran musim lalu tercatat sebesar 882 juta euro. Juara La Liga dan Copa del Rey musim lalu ini mencatatkan laba operasi mencapai 32 juta euro. Sedangkan laba bersih sebesar 13 juta euro setelah dipotong pajak.

"Dewan (direksi) menilai neraca akhir tahun ini secara positif, dan ini sejalan dengan rencana strategis klub untuk mencapai pendapatan 1 miliar euro pada 2021," demikian pernyataan klub dilansir dari suara.com, jaringan Klikpositif.

Musim lalu, Barcelona menjual salah satu pemain bintangnya, Neymar, ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan harga fantastis, 222 juta euro. Transfer tersebut menjadikan Neymar pemain termahal di dunia. Namun, Los Azulgrana juga melakukan pembelian pemain yang tak kalah besar nilainya, khususnya saat memboyong Philippe Coutinho dari Liverpool dan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund.

Untuk kedua pemain ini saja, Barcelona harus mengeluarkan kocek masing-masing sebesar 120 juta euro dan 105 juta euro. Dalam kesempatan yang sama, pihak Barcelona juga menyampaikan selamat kepada dua pemainnya, Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele, yang telah berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018 bersama Prancis.

"Dewan direksi mengucapkan selamat kepada Samuel Umtiti dan Ousmane Dembele, karena telah menjadi juara dunia bersama tim nasional Prancis; Ivan Rakitic, menjadi finalis dengan Kroasia, dan Thomas Vermaelen yang menempati peringkat ketiga bersama Belgia," ujar pihak Barcelona. (*)