Mario Mandzukic dan Dua Rekor Unik di Piala Dunia

"Kroasia berhasil melampaui pencapaian pada Piala Dunia 1998 yang menjadi juara ketiga"
Selebrasi Mandzukic usai mencetak gol. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Penyerang Timnas Kroasia, Mario Mandzukic gagal membawa negaranya jadi kampiun Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Kroasia ditekuk Prancis 2-4 pada partai final Piala Dunia 2018 yang dihelat di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) malam WIB.

Prancis unggul cepat setelah Mandzukic mencetak gol bunuh diri di menit 18. Sempat menyamakan skor lewat Ivan Perisic 10 menit berselang, Kroasia akhirnya kedodoran di babak kedua.

Kemudian, Mandzukic pun mencetak gol memanfaatkan blunder kiper Prancis, Hugo Lloris di babak kedua. Akhirnya,Prancis menutup laga dengan kemenangan 4-2.

Bagi Les Bleus -julukan Timnas Prancis, ini merupakan gelar juara kedua mereka di pentas Piala Dunia, setelah sebelumnya jadi juara pada Piala Dunia 1998 saat menjadi tuan rumah turnamen.

Sementara untuk Vatreni -julukan Timnas Kroasia, meskipun mengakhiri turnamen sebagai runner-up, mereka berhasil melampaui pencapaian pada Piala Dunia 1998 yang menjadi juara ketiga.

Khusus Mandzukic, dua rekor sekaligus dicetak sang bomber di partai final ini. Namun, rekor yang ditorehkan bomber Juventus berusia 32 tahun itu memang lebih pantas disebut unik ketimbang mentereng.

Yang pertama, menurut catatan Opta, Mandzukic adalah pemain pertama dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia yang mencetak gol bunuh diri di laga final. Rekor ini tentu merupakan rekor negatif.

Untuk yang kedua, rekor ini bisa sedikit menyelamatkan wajah Mandzukic. Sang penyerang menjadi pemain kedua dalam sejarah Piala Dunia, yang mencetak gol ke gawang lawan dan gawang sendiri pada satu laga.

Sebelumnya hanya ada satu pemain yang melakukan hal ini, yakni Ernie Brandts untuk Belanda di laga kontra Italia pada Piala Dunia 1978. 

Meski demikian, performa Mandzukic secara keseluruhan di sepanjang turnamen terbilang cukup yahud. Pemain Juventus ... Baca halaman selanjutnya