Semangat Kroasia Mencatatkan Nama di Buku Sejarah Piala Dunia

"Kroasia berpeluang membalas kekalahan dari Prancis di gelaran Piala Dunia 1998 lalu"
Selebrasi para pemain Kroasia. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Timnas Kroasia berpeluang masuk buku sejarah dengan memenangkan trofi pertama pada Piala Dunia. Kroasia akan menghadapi Prancis di partai puncak Piala Dunia 2018. Duel ini akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7) malam WIB.

Kiprah Timnas Kroasia di Piala Dunia edisi kali sangat mengejutkan. Sebab untuk datang ke Rusia, Luka Modric dan kolega harus menjalani babak playoff setelah hanya menjadi runner up Grup I kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Di playoff, Timnas Kroasia mengalahkan Yunani dengan agregat 4-1.

Dilansir dari laman FIFA dan bola.com, di Rusia, Timnas Kroasia tergabung dalam Grup D bersama Nigeria, Argentina dan Islandia. Grup ini tidak mudah. Namun, skuat racikan Zlatko Dalic melaluinya dengan sempurna. Bahkan, mencatatkan sejarah dengan lolos sebagai finalis untuk pertama kalinya.

Prestasi Luka Modrid dan kawan-kawan melampau torehan manis senior mereka di Piala Dunia 1998 Prancis. Saat itu, Kroasia lolos ke semifinal sebelum ditaklukkan tuan rumah Prancis 1-2. Sempat unggul lewat Davor Suker, mimpi Kroasia lolos ke final dikubur oleh dua gol balasan dari Lilian Thuram.

Kini, Kroasia berpeluang membalas kekalahan dari Prancis. Meski dilanda kelelahan karena pada tiga laga sebelumnya bermain hingga perpanjangan waktu, hal itu tidak akan menyurutkan semangat Kroasia untuk mengangkat trofi Piala Dunia untuk kali pertama.

Setelah 20 tahun, Timnas Kroasia akhirnya lolos ke final. Kesempatan emas ini tak ingin disia-siakan anak asuhan Zlatko Dalic. Luka Modric, misalnya. Dia rela menukar semua trofi Liga Champions yang telah dikoleksinya bersama Real Madrid dengan trofi Piala Dunia 2018.

"Saya rela menukar empat trofi (Liga Champions) yang saya miliki untuk satu trofi ini (Piala Dunia)," ucap Modric. "Kami semua mempunyai tekad menjadi juara. Kami punya kepercayaan diri tinggi, karakter, dan segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi juara dunia," ... Baca halaman selanjutnya