Nestor Pitana, Sosok Guru Olahraga di Final Piala Dunia 2018

"Ia kerap dijuluki 'Pierluigi Collina dari Amerika Selatan'"
Nestor Pitana saat memimpin laga perempat final Uruguay kontra Prancis. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- FIFA resmi menunjuk wasit untuk laga final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Timnas Prancis dengan Timnas Kroasia di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7) malam WIB. Ia adalah Nestor Pitana, wasit asal Argentina yang juga berprofesi sebagai guru olahraga.

Dilansir laman resmi FIFA dan suara.com, jaringan Klikpositif, dua asisten wasit yang juga berasal dari Argentina, Hernan Maidana dan Juan Belatti akan membantu Pitana di partai puncak nanti. Sedangkan, ofisial keempat alias wasit cadangan adalah Bjorn Kuipers yang berasal dari Belanda.

Sedikit informasi mengenai Pitana, pria berusia 43 tahun itu memang diyakini merupakan wasit terbaik yang dimiliki FIFA saat ini. Ia kerap dijuluki 'Pierluigi Collina dari Amerika Selatan'. Collina asal Italia yang terkenal dengan kepala plontosnya, merupakan wasit legendaris di dunia sepakbola.

Pitana sendiri sebelumnya telah bertugas pada empat pertandingan Piala Dunia 2018, termasuk laga pembuka yang mempertemukan tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi. Selain laga tersebut, Pitana juga memimpin laga Meksiko vs Swedia di babak penyisihan grup, Kroasia vs Denmark di babak 16 besar serta Uruguay vs Prancis di perempat final.

Pitana menjadi wasit internasional sejak 2010. Sebelumnya, Pitana juga bertugas di Piala Dunia 2014, Olimpiade Rio de Janeiro 2016, serta Piala Konfederasi 2017. Sebagai tambahan, Pitana adalah wasit Argentina kedua yang memimpin partai final Piala Dunia setelah Horacio Elizondo pada edisi 2006 silam.

Tak ketinggalan, FIFA juga telah menunjuk wasit untuk laga perebutan juara ketiga antara Belgia kontra Inggris, yang akan dihelat pada Sabtu (14/7) malam WIB. Sang pengadil untuk laga tersebut adalah wasit asal Iran, Alireza Faghani. Wasit ini pun pernah menjadi pengadil di Liga 1 Indonesia tahun 2017. (*)