Mantan Pelatih Barcelona Tukangi Timnas Spanyol

"Enrique merupakan pelatih yang anyar "
Luis Enrique (Standard.co.uk)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Federasi sepakbola Spanyol (REFF) telah menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih tim nasional. Mantan pelatih Barcelona itu akan menandatangani kontrak selama dua tahun.

Enrique merupakan pelatih yang anyar di skuat tim Matador, pasca hengkangnya Fernando Hierro atas kegagalan tim di Piala Dunia 2018.

Selama di Piala Dunia, Sergio Ramos dkk memang sedikit terseok-seok di babak penyisihan grup, sebelum kemudian kalah adu penalti dari tuan rumah di babak 16 besar.

Luis Enrique saat ini tidak sedang terikat dengan tim mana pun sejak meninggalkan klub Katalan pada Mei 2017 lalu.

Sebelum menukangi skuat La Roja, pelatih 48 tahun itu sempat dikabarkan menjadi target utama Paris Saint-Germain serta Chelsea.

Penunjukkan Enrique sendiri dilakukan oleh Komite Eksekutif REFF hanya delapan hari setelah Spanyol kalah atas tuan rumah Piala Dunia lewat adu penalti.

"Telah disepekati secara bulat oleh komite eksekutif RFEF mengenai penunjukkan Luis Enrique sebagai pelatih tim nasional untuk dua tahun ke depan," demikian pernyataan presiden RFEF, Luis Rubiales dalam konferensi pers di markas federasi di Las Rozas, Madrid.

Rubiales mengatakan bahwa pihaknya akan memperkenalkan Enrique pada pekan depan. "Ini kesepakatan total. Ia memiliki tawaran lebih besar, namun ingin menjadi pelatih tim nasional dan saya ingin menekankan pengorbanan yang ia buat," tutur dia.

Seperti diketahui, Spanyol, juara dunia 2010, masuk dalam daftar favorit kampiun di Piala Dunia Rusia.

Namun La Roja mengalami goncangan hebat dengan keputusan memecat Julen Lopetegui hanya beberapa hari sebelum kick-off turnamen.

Real Madrid mengumumkan Lopetegui sebagai pelatih anyar mereka saat persiapan Piala Dunia sedang krusial, setelah Zinedine Zidane mundur.

Sebelum ini, Enrique pernah menukangi Barcelona selama dua tahun dan menyabet sederet gelar ... Baca halaman selanjutnya