Piala AFF U-19 : Laos Bantai Singapura 5-0

"Laos lebih menguasai jalannya pertandingan sepanjang 90 menit"
Selebrasi pemain Laos (pssi.org)

KLIKPOSITIF -- Laos menaklukkan Singapura 5-0 pada laga lanjutan penyisihan grup A Piala AFF U19. Hasil ini sekaligus menutup peluang Singapura untuk melaju ke babak berikutnya karena telah menelan tiga kekalahan.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Sabtu (7/7), Laos memborong gol melalui Bounphachan Bounkong yang mencetak dua gol (37’dan 62’). Sementara gol lain disumbang Lextoxa Thongsavath (21’), Kittisak Phomvongsa (6’), dan Chitpasong Latthachack (30’).

Pada pertandingan ini Laos lebih menguasai jalannya pertandingan sepanjang 90 menit. Meski begitu, pelatih Chusak Sriphum mengatakan, bukan pertandingan yang bagus dan sulit bagi timnya.

“Karena kami harus menang untuk bisa terus mengejar tim lain di grup A ini. Strategi serangan balik kami berjalan dengan baik. Itu karena kami belajar dan evaluasi permainan kami sebelumnya,” tuturnya, yang dikutip dari laman pssi.org.

“Pertandingan sebelumnya kami bermain kompak melakukan pressing di tengah, tapi malah membuat keuntungan bagi tim lawan. Maka dari itu, kami mengubah strategi,” katanya.

Bagi Singapura, kekalahan ketiga ini membuat sang pelatih Rob Johannes mengungkapkan kesulitan timnya dalam mengarungi turnamen ini. “Pemain yang kami bawa di turnamen ini tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Klub banyak yang tidak mengizinkan pemainnya untuk dilepas main di turnamen ini. Mental juga merupakan hal terpenting dalam tim kami selain hal teknis,” bebernya.

Rob justru memuji tim lain dalam turnamen ini. “Pertandingan tadi membuktikan bahwa Laos memiliki hasrat dan semangat yang tinggi di turnamen ini. Itu membuat saya terkejut, pemain kami tidak memiliki itu,” tegasnya. (*)