Rusia vs Kroasia, Impian Dua Underdog Angkat Trofi Piala Dunia

"Rusia punya satu keuntungan dalam hal ini karena bermain di hadapan publik sendiri, di salah satu stadion kebanggaan mereka yaitu Fisht Stadium di Sochi"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Kendati diposisikan sebagai unggulan, khususnya dalam undian grup, karena menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia sejatinya tergolong sebagai salah satu underdog. Demikian juga halnya dengan Kroasia. Maka, wajar jika laga perempat final antara Rusia vs Kroasia, Sabtu (7/7/2018) malam, disebut sebagai duel dua tim underdog demi menggapai impian.

Kedua tim juga sama-sama melaju ke fase ini setelah menjalani laga berat di 16 Besar atau perdelapan final. Rusia akhirnya berhasil menaklukkan juara Piala Dunia 2010, Spanyol, sementara Kroasia menyingkirkan Denmark; dua-duanya lewat drama adu penalti.

Tidak dipungkiri, Rusia punya satu keuntungan dalam hal ini karena bermain di hadapan publik sendiri, di salah satu stadion kebanggaan mereka yaitu Fisht Stadium di Sochi. Namun Kroasia punya kelebihan lain sebagai salah satu tim yang belum terkalahkan sejauh ini (empat pertandingan), sementara Rusia sempat ditekuk Uruguay di penyisihan grup.

Baik tim tuan rumah asuhan pelatih Stanislav Cherchesov, maupun Kroasia yang diasuh pelatih Zlatko Dalic, jelas kini sama-sama punya misi untuk bisa melangkah lebih jauh yaitu ke semifinal atau empat besar. Bahkan lebih dari itu, impian berlaga di partai puncak dan peluang merebut trofi pun kini ada di benak mereka, kendati saat ini masih sama-sama akan fokus dulu ke laga di hadapan mata.

"Tidak ada tekanan berat bagi kami lagi seperti saat menjelang turnamen ini. Kini kami sudah di perempat final. Kami hanya ingin menyenangkan para pendukung kami, dan melaju lebih jauh. Itu saja," ungkap salah seorang pemain timnas Rusia, Aleksandr Samedov, sebagaimana dilansir situs FIFA.

"Kami tidak butuh eforia saat ini, karena turnamen ini masih berjalan. Beberapa tim hebat sudah harus tersingkir, dan di pertandingan fase knock out (seperti ini) tidak ada ruang untuk berbuat kesalahan," tutur pelatih Cherchesov pula, menekankan fokus timnya saat ini.

Para pemain timnas Rusia saat ... Baca halaman selanjutnya