Melawan Brazil Jadi Ajang Pembuktian Bagi Meksiko

Ilustrasi
Ilustrasi (FIFA)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Brazil akan menghadapi Meksiko di fase knockout Piala Dunia 2018 . Pertandingan kedua kesebelasan akan digelar Senin 2 juli 2018 pukul 21:00 WIB di Samara Arena.

Di laga ini, perjalanan Brazil tidak mulus, sebab jika dilihat dari perolehan gol, kedua tim ini memiliki kemampuan yang terbilang setara.

Brazil di laga fase grup harus puas dengan hasil imbang melawan Swiss dengan skor 1-1, lalu di laga kedua, dua gol di menit akhir menjadi penentu nasib mereka atas Kosta Rika, dan kemudian kukuh di puncak klasemen setelah mengalahkan Serbia 2-0.

Baca Juga

Meksiko juga demikian, di laga awal, El Tri menang tipis atas Jerman dengan skor 1-0, kemudian membekuk Korea Selatan dengan skor 2-1. Hanya saja di pertandingan ketiga, Javier Hernandez dkk harus takluk 3-0 atas Swedia.

Jika dilihat dari pengalaman, Meksiko memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan selama 24 tahun. Tercatat, dari enam enam putaran final, Meksiko tersingkir di putaran kedua.

Yang paling menyedihkan adalah ketika empat tahun silam ketika mereka unggul hingga dua menit terakhir, namun harus kalah 2-1 di babak perpanjangan waktu.

Sementara Brasil berhasil lolos ke delapan besar di enam edisi tersebut, tiga di antaranya hingga ke babak final dan dua kali juara.

Apalagi dalam empat pertemuan terakhir di Piala Dunia , Brasil tidak pernah kebobolan melawan El Tri, dengan rekor 11 gol tanpa kebobolan sama sekali.

Kendati dihantui rekor buruk, Meksiko melaju ke babak knockout ini dengan kepala tegak. Seperti yang diungkapkan oleh sang kapten Andres Guardado.

Ia mengatakan, ajang ini akan menjadi pembuktian bagi El Tri untuk anggapan bahwa selama fase grup ia mendapatkan lawan yang mudah.

"Kami tidak akan memiliki alasan seperti ini. Jika kami berhasil itu karena kami melakukannya dengan sangat baik," katanya. "Jadi kami siap dengan skenario sempurna lawan Brasil," tambahnya.

Ia mengaku, Meksiko cukup siap menghadapi fase knockout melawan Brazil , "Kami benar-benar antusias dengan kesempatan yang diberikan ini dan semoga kami bisa mengambil langkah ini," sebut dia.

Namun begitu, kedua tim saat ini sama-sama kehilangan pemain belakang. Meksiko tidak dapat memainkan bek sentral Hector Moreno, yang menjalani suspensi. Sedangkan dari kubu Brasil, kondisi Marcelo masih dipantau karena cedera. Marcelo kemungkinan akan digantikan Filipe Luis.(*)

Sumber: Goal

Baca Juga

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa