Bekuk Argentina, Mbappe Sejajar dengan Zidane dan Pele?

"Mbappe menjadi pemain yang gemilang dalam laga tersebut"
Kylian Mbappe (Sky)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Perancis memulangkan Argentina dari Piala Dunia 2018 dengan skor 4-3 dalam pertandingan fase knock out di Kazan Arena, Sabtu 30 Juni 2018 malam. Dalam laga itu, Kylian Mbappe mencetak brace.

Mbappe menjadi pemain yang gemilang dalam laga tersebut. Selain berhasil bawa Le Blues lolos dari babak knock out, ia tercatat juga menyamai rekor dua pemain bintang senior yakni Pele dan Zinedine Zidane.

Pemain Paris Saint-Germain itu menyamai rekor sang legenda sebagai remaja kedua yang berhasil mencetak dua gol atau lebih dalam satu laga Piala Dunia. Dimana rekor tersebut belum ada yang bisa mengalahkan dalam 60 tahun terakhir.

Pele sendiri secara fenomenal melakukannya dua kali di edisi 1958 tersebut. Pertama melawan Prancis di semifinal ketika ia mencetak hattrick dalam kemenangan 5-2.

Kemudian Pele melakukannya lagi di laga final. Sang fenomena mencetak dua gol dalam kemenangan atas tuan rumah turnamen Swedia.

Lagi-lagi dengan skor 5-2 yang membuat Brasil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Semua ini dilakukan Pele saat usianya baru 17 tahun dan 8 bulan. Sedangkan Mbappe saat ini telah berumur 19 tahun 6 bulan.

Selain Pele, ada pula Zidane yang saat ini rekornya telah disamai oleh Mbappe. Mantan pelatih Real Madrid tersebut merupakan pemain terakhir yang mencetak minimal dua gol dalam satu laga fase gugur Piala Dunia.

Mantan playmaker yang kini berprofesi sebagai pelatih itu melakukannya ketika melawan Brasil di final Piala Dunia 1998. Les Bleus pun menang dengan skor telak 3-0 dan keluar sebagai kampiun di rumah sendiri. 

Jejak yang lama terputus itu akhirnya disambung oleh Mbappe dengan dua golnya ke gawang Argentina tadi malam di Kazan Arena.(*)