Tersingkir dari Piala Dunia, Mesir Protes ke FIFA

"Mesir seakan tidak terima dengan kekalahan keduanya itu"
Mohamed Salah tertunduk setelah Mesir ditekuk 1-3 oleh Rusia (The National)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Mesir harus mengurungkan asanya maju ke babak 16 besar setelah kalah 1-3 dari Rusia di laga kedua yang dihelar Saint Petersburg, Rabu 20 Juni 2018 dinihari lalu.

Namun Mesir seakan tidak terima dengan kekalahan keduanya itu. Skuat Pharaoh rencananya akan mengajukan protes ke FIFA soal peforma wasit asal Paraguay Enrique Caceres yang memimpin laga kedua itu.

"Kami menginginkan investigasi terhadap penampilan tim perwasitan secara keseluruhan," kata Presiden Asosiasi Sepak Bola Mesir Hany Abo Rida kepada Reuters.

Anggota Dewan FIFA tersebut menjelaskan bahwa bek Ahmed Fathi didorong saat ia berupaya menyapu bola pada menit kedua babak kedua, dan menghasilkan ia mengarahkan bola ke gawangnya sendiri untuk membuat Rusia memimpin.

Kedua, seharusnya Mesir mendapatkan penalti pada menit ke-78 untuk penyerang Marwan Mohsen, yang dijatuhkan bek Rusia Ilya Kutepov. Saat itu, Mesir telah tertinggal 1-3.

Atas kesalahan tersebut, menurut dia, wasit semestinya menggunakan video asisten wasit atau VAR untuk mengkroscek kembali pelanggaran yang terjadi.

"Seharusnya wasit melihat semua kesalahan yang terjadi, termasuk ketika Fathi didorong. Ini adalah hak kami dan kami meminta FIFA untuk melakukan penyelidikan," papar Abo Rida.

Mesir akan memainkan pertandingan terakhir mereka di Grup A dengan melawan Arab Saudi pada laga yang mempertemukan dua tim yang telah tersingkir di Volgograd pada Senin 25 Juni 2018 nanti.

"Saya tahu orang-orang di Mesir tidak senang dengan hasil-hasil kami, tetapi ini adalah turnamen pertama kami dalam 28 tahun. Kami kurang pengalaman," pungkasnya.(*)