Mbappe Bawa Perancis Lolos Fase Grup Piala Dunia 2018

"Golnya di menit ke 34 membuat Peru tidak bisa membalas serangan Perancis"
Kylian Mbappe (Sky News)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Perancis dipastikan lolos dari babak fase grup Piala Dunia 2018 setelah menang 1-0 atas Peru dalam laga kedua Grup C, Kamis 21 Juni malam, di Ekaterinburg Arena.

Pemain Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe menjadi pahlawan dalam laga ini, sebab dengan golnya di menit ke 34 membuat Peru tidak bisa membalas serangan Perancis.

Sepanjang laga, Perancis mendominasi pertandingan. Sejak menit awal, Perancis sudah membuat peluang gol lewat tendangan Antoine Griezmann di menit ke 11, yang melenceng ke sisi kiri gawang Peru.

Tiga menit berselang, giliran pemain belakang Perancis, Raphael Varane yang mencuri peluang. Umpan bebas dari Griezmann berhasil ia manfaatkan dengan tandukan, namun lagi-lagi bola tidak masuk ke gawang.

Di menit ke 34 lah, Mbappe mencetak gol. Pemain termuda Perancis tersebut mampu mengubah bola pantulan dari tendangan Olivier Giroud yang mengenai bek Peru dan kemudian merubah kedudukan.

Hingga akhir babak pertama, Peru masih memilih bertahan. Namun pada babak kedua ritme pertandingan mulai berubah. Peru memulai serangan.

Pada menit ke 50, Pedro Aquino melancarkan tendangan dari luar kotak penalti, namun gagal membuahkan gol karena bola membentur mistar gawang Prancis.

Dua peluang lain dari Andre Carillo terjadi pada menit ke-57 dan 62 melalui sontekan ringan dan tembakan spekulatif, menguji ketangguhan kiper utama Prancis, Hugo Lloris.

Selama babak kedua, Peru menambah banyak peluang, namun masih gagal menyamakan kedudukan.

Peluang keempat diciptakan oleh Jeferson Farfan di menit ke 73. Umpan dari Carillo mudah saja diteruskannya ke gawang, namun sial bola menyamping.

Peluang teakhir Peru tercipta di menit ke 86. Tendangan bebas Paolo Guerrero yang mampu diamankan Lloris membuat Les Bleus memastikan tiket ke babak 16 besar hingga peluit panjang.(*)