Menag Jagokan Spanyol Juara Piala Dunia 2018, Kenapa?

"Saya penggemar (bola), tapi nggak sampai fanatik, nggak sampai hafal nama-nama pemain. Tapi saya menikmati permainan bola"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Hari Raya Idulfitri tahun ini berbarengan dengan gelaran piala dunia 2018 di Rusia. Pembukaan event empat tahunan ini bahkan bersamaan dengan malam takbiran hari raya 1439 Hijriah. Wajar jika obrolan seputar bola juga mewarnai ajang anjangsana masyarakat di moment lebaran, tidak terkecuali Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"Saya penggemar (bola), tapi nggak sampai fanatik, nggak sampai hafal nama-nama pemain. Tapi saya menikmati permainan bola," kata Menag.

Menurut pria penikmat kopi ini, sepakbola merupakan permainan yang sangat mengandalkan intelijen, serta kecepatan dan kecerdikan. Permainan sepakbola sejak dulu sampai sekarang sama; dimainkan di kotak segi empat yang sama, dengan jumlah pemain yang sama, tapi bagaimana permainan ditampilkan dan diperagakan itu sangat tergantung dengan kekompakan dan kesolidan tim, terutama pelatih di balik permainan itu.

"Jadi itu tentang strategi. Itu asiknya bola dinikmati," tutur Menag.

Ketika ditanya jagoan piala dunia 2018, fans Persija Jakarta ini mengaku menjagokan Spanyol. Namun, itu karena Belanda tidak lolos ke Rusia.

"Tadinya saya termasuk yang fanatik Belanda. Belanda kan sekarang nggak lolos. Baru kali ini Belanda nggak lolos piala dunia, biasanya selalu masuk," katanya.

"Tapi saya melihat Spanyol memiliki pemain-pemain yang bagus-bagus, menurut saya," Menag menambahkan alasannya mendukung Spanyol.

Menag menilai Timnas Spanyol bagus dalam pengaturan strategi. Kalau Belanda mengenalkan total football, strategi permainan yang menerapkan sistem bertahan bersama dan menyerang bersama, Spanyol juga punya gaya permainan bagus. Zona marking yang diterapkan Timnas Spanyol, menurutnya sesuatu yang menarik.

"Kalau dulu tim Italia terkenal dengan catenatio-nya, sistem pertahanan grendel, sehingga orang nggak bisa menembus pertahanan, kalau Spanyol itu bagaimana pemain dapat bertahan di wilayah permainan yang dikuasai ... Baca halaman selanjutnya