Teknologi Canggih yang Hadir di Piala Dunia 2018

"Piala Dunia di Brasil menjadi saksi bagaimana debut teknologi garis gawang sangat membantu kinerja wasit di lapangan dalam mengambil keputusan krusial"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Olah raga dan teknologi sudah menjadi rangkaian yang kini tak terpisahkan. Dengan semakin tingginya tantangan dunia olah raga sekarang, penggunaan teknologi tak dimungkiri menjadi satu bagian strategis. Salah satu contohnya dalam sepak bola.

Menghadapi ajang besar selevel Piala Dunia, teknologi tidak bisa tidak turut berpartisipasi di dalamnya. Terutama untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya error di lapangan yang tak mungkin setiap saat bisa terkondisikan dengan baik.

Piala Dunia di Brasil menjadi saksi bagaimana debut teknologi garis gawang sangat membantu kinerja wasit di lapangan dalam mengambil keputusan krusial.

Di Piala Dunia Rusia kali ini teknologi juga turut campur dalam penyelenggaraan pertandingan. Berikut beberapa teknologi yang mendukung di pentas Piala Dunia 2018 Rusia.

Teknologi VAR

Di tahun ini teknologi dalam bidang olah raga pun makin berinovasi. Satu di antaranya munculnya video assisted referees (VAR). Teknologi ini sudah dipastikan diterapkan dalam ajang Piala Dunia 2018 Rusia.

Penggunaan sistem VAR telah mengalami serangkaian uji coba dan telah diterapkan di sejumlah bidang olah raga seperti rugby, tenis, NFL dan bahkan kriket. Dan hasilnya pun cukup ampuh.

Sistem kerja VAR ini sebenarnya cukup sederhana. Wasit cukup melihat cuplikan video yang disediakan di pinggir lapangan untuk mengetahui situasi yang sekiranya krusial seperti penentuan pinalti, pelanggaran dan keputusan memberikan kartu merah.

Meski sempat mendapat kritik kala digunakan pada ajang Piala FA, FIFA tampaknya tetap keukeuh menggunakan VAR di Piala Dunia kali ini.

Dalam menerapkan sistem VAR, FIFA telah membetuk tim yang terdiri dari tim wasit asisten video khusus yang terdiri dari VAR utama dan tiga asisten VAR akan ditempatkan di Ruang Operasi Video (VOR) di International Broadcast Center Moscow.

VAR dapat berbicara dengan wasit ... Baca halaman selanjutnya