Terlibat Skandal Suap, Wasit Arab Saudi Ini Dikeluarkan dari Piala Dunia 2018

"Wasit asal Arab Saudi ini sudah terbukti berusaha mengatur skor"
Fahat Al Mirdasi (internet)

KLIKPOSTIF -- Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) meminta FIFA agar menghapus nama Fahad Al Mirdasi dari daftar wasit yang akan bertugas di Piala Dunia 2018 mendatang. Wasit asal Arab Saudi ini sudah terbukti berusaha mengatur skor.

Permintaan ini muncul setelah sang wasit menerima hukuman larangan aktif seumur hidup dari SAFF setelah kedapatan terlibat dalam skandal suap untuk mengatur hasil dari sebuah pertandingan.

Al Mirdasi, 32, mendapat hukuman berat tersebut selepas mengakui adanya permintaan tawaran terhadap dirinya untuk mengatur jalannya pertandingan final Piala Raja Arab Saudi antara Al Ittihad dan Al Faisaly lalu.  Kini, SAFF menantikan jawaban resmi dari FIFA terkait tindakan tegas mereka terhadap Al Mirdasi.

"Menyusul peryataan dari wasit, Fahad Al Mirdasi untuk mengatur pertandingan antara Al Ittihad dan Al Faisaly di final, tuan Hamad Al Saniaa, presiden Al Ittihad, menghubungi kami. Ia mengonfirmasi telah memiliki bukti momen Al Mirdasi bersedia mengatur skor demi sejumlah uang," demikian rilis resmi SAFF dilansir dari goal.com.

"Setelah presiden Ittihad menunjukkan bukti yang mereka miliki kepada SAFF, maka kami mengirimkan percakapan ini kepada pimpinan direktorat jenderal olahraga, yang kemudian menginformasikan kepada semua otoritas berwenang."

"Al Mirdasi telah diamankan dan akan menjalani penyelidikan administrasi. Setelah itu, SAFF menerima laporan dari pihak berwenang yang membuktikan bahwa sang wasit melanggar aturan karena telah mengakui perbuatannya untuk meminta suap."

Al Mirdasi sebelumnya pernah bertugas di Piala Konfederasi tahun lalu yang juga berlangsung di Rusia, saat itu ia memimpin laga perebutan peringkat ketiga antara Meksiko dan Portugal. Ia juga pernah bertugas di Olimpiade 2016. (*)