Bek Italia yang Membuat Messi tak Berkutik

"Nesta juga ditunjang fisik, skill dan visi mumpuni membuat dia begitu susah ditaklukkan."
Lionel Messi (The Sun)

KLIKPOSITIF -- Alessandro Nesta merupakan bek legendaris sekaligus terbaik sepanjang massa di klub Italia, AC Milan. Dia memiliki kemampuan yang komplet, diakui sebagai bek terbaik dunia.

Kemampuannya dalam bertahan layak diacungi jempol. Nesta juga ditunjang fisik, skill dan visi mumpuni membuat dia begitu susah ditaklukkan. Zona marking, man marking, aerial duel, tactical knowledge, tackle, clearance hingga passing ability yang dimiliki Nesta terbilang berada di atas rata-rata.

Nesta tercatat sebagai bek terbaik Serie A dalam empat tahun beruntun, yakni pada 2000, 2001, 2002 dan 2003. Nesta, satu-satunya bek yang mampu membuat pemain sekelas bintang Barcelona, Lionel Messi frustrasi.

Tepatnya saat duel AC Milan melawan Barcelona di Camp Nou, September 2011. Duel di babak fase grup Liga Champions itu berakhir imbang 2-2.

Kala itu, Barcelona sangat superior. Memiliki Andres Iniesta dan Xavi Hernandez di lini tengah, dua pemain cerdas di dunia. Sementara Milan hanya tim seadanya, yang hanya memiliki Nesta. Namun, klub asal Italia itu berhasil menggagalkan kemenangan Los Blaugrana.

Nesta menjadi pemain bintangnya. Pada satu kesempatan, Messi mendapatkan sebuah peluang emas. Dengan dribelnya, Messi menembus barisan pertahanan AC Milan dan terus mendekat ke gawang. Namun, begitu bintang Argentina itu bersiap melakukan penyelesaian akhir, Nesta menggagalkannya dengan sebuah tekel sempurna yang dilancarkan penuh perhitungan dari sudut mati La Pulga.

Messi sampai berkali-kali memukul tanah. Mungkin dia tidak habis pikir, bagaimana dia bisa digagalkan oleh pemain yang usianya terpaut 11 tahun darinya (waktu itu Messi berusia 25, sedangkan Nesta sudah 36). Terlebih lagi, itu terjadi di dalam kotak penalti dan dilakukan dengan kontak seminimal mungkin untuk menghindari pelanggaran.

Nesta memiliki fisik, teknik dan mental yang istimewa ... Baca halaman selanjutnya