Madrid, Satu Kaki di Final

"Poin penuh dan dua gol tandang menjadi modal berharga untuk menghadapi laga kedua di Bernabeu"
Marco Asensio mencetak gol pada menit ke-56 yang menjadi gol penentu kemenangan Madrid. (@RealMadrid)

KLIKPOSITIF-Madrid kini satu langkah lebih dulu dibanding Bayern Munchen menuju final Liga Champions. Real Madrid berhasil unggul pada semifinal leg pertama Liga Champions, Kamis dini hari. Bermain di Allianz Arena, Munchen harus kehilangan tiga poin setelah kalah 1-2.

Gol tunggal Munchen lahir dari kaki Joshua Kimmich pada menit 27. Di ujung babak pertama Madrid berhasil mengejar lewat gol Marcelo menit ke-44. Satu gol Marco Asensio pada menit ke-56 menjadi gol penentu kemenangan Madrid.

Kehilangan pemain kunci menjadi salah satu faktor takluknya Munchen. Di awal babak pertama Arjen Robern yang mengalami cedera terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Thiago. Masih di babak pertama Jerome Boateng juga harus ditarik karena cedera.

Robern meninggalkan celah kosong pada lini serang Munchen. Kimmich yang didaulat sebagai pengganti tidak bisa berbuat banyak. Kecuali satu golnya itu. Absennya Boateng di lini tengah juga menjadi masalah tersendiri. Kerja Hummels jadi ekstra untuk menutup gerakan gelandang-gelandang kuat Madrid, macam Modric atau Kross.

Pertandingan berjalan ketat dengan tensi tinggi, layaknya pasti semifinal. Meski mendominasi alur bola, serangan Munchen sering patah di tengah. Tanpa Robern, otomatis Ribery yang jadi komando. Rancangan serangan jadi mudah dibaca dan antisipasi. Meski begitu Ribery mampu memberi ancaman berbahaya. Penampilan Navas yang cemerlang menjadi keuntungan besar bagi Madrid,

 Di babak kedua, serangan balik cepat Madrid berbuah hasil. Operan Rafinha berhasil dipotong, kemudian Lucas Vazquez meluncurkan bola pada Marco Asensio. Tendangan akurat Asensio tak bisa dihalau Sven Ulreich. Madrid unggul 2-1.

Tertinggal, Bayern terus berupaya menembus pertahanan Madrid, beberapa kalai Ribery melakukan penetrasi di dalam kotak penalti. Navas yang bermain disiplin berhasil mengamankan gawangnya.

Cristiano Ronaldo yang sebelumnya tidak begitu ... Baca halaman selanjutnya