Mengenal Si Merah, Lawan Pertama Timnas Indonesia U-23

" ini adalah pertemuan perdana mereka berdua. Tapi apabila bicara mengenai tim seniornya, kedua negara punya sejarah pertandingannya sendiri."
Timnas Bahrain (PSSI)

KLIKPOSITIF -- Tim nasional Bahrain U-23 merupakan salah satu tim kontestan dalam gelaran PSSI Anniversary Cup tahun 2018 yang akan bermain di Stadion Pakansari dari tanggal 27 April hingga 3 Mei 2018. Tim berjuluk Al-Ahmar (Si Merah) ini akan bersanding bersama Korea Utara, Uzbekistan dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah dari rangkaian acara dalam menyambut hari ulang tahun PSSI yang ke-88.

Tim besutan pelatih kepala Samir Chammam asal Tunisia itu datang ke Indonesia dengan membawa 35 pemain dan 11 ofisial termasuk sang pelatih itu sendiri. Mereka direncanakan tiba di tanah air tiga hari sebelum event dimulai. Laga perdana tim ini akan sangat berat, karena langsung bertemu Indonesia sebagai tuan rumah yang pasti akan mendapat dukungan penuh dari para suporter fanatiknya.

Keduanya sama sekali belum pernah bertemu di timnas kelompok usia ini. Dengan kata lain, ini adalah pertemuan perdana mereka berdua. Tapi apabila bicara mengenai tim seniornya, kedua negara punya sejarah pertandingannya sendiri.

Indonesia pernah melawan Bahrain di ajang Piala Asia tahun 2007 dimana gol dari Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas membuat tim Garuda memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Di sisi lain, Bahrain juga belum pernah bertemu dengan dua negara lain peserta event ini.

Namun bicara mengenai timnas Bahrain U-23, mereka ini tidak boleh dipandang sebelah mata pada perhelatan PSSI Anniversary Cup nanti. Tim yang dahulu di asuh oleh Anthony Hudson asal Inggris ini beberapa tahun belakangan memang tak mencatatkan prestasi prestisius di berbagai turnamen.

Satu-satunya yang bergengsi dan berhasil disabet gelarnya adalah ketika menjadi juara di GCC U-23 Championship alias turnamen sepak bola antarnegara Teluk Arab pada edisi tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Gulf Cooperation Council.

Sedikit menoleh ke belakang, tepatnya tahun lalu, kiprah Bahrain di ajang piala AFC U-23 serupa dengan Indonesia, berada di ... Baca halaman selanjutnya