PSSI Didenda FIFA Rp427 Juta Karena Empat Klub Ini

"Itu ada kaitannya ada empat klub yang tidak berkompetisi di Liga 1, ada Persegres [Gresik United], Madura United, Persiwa [Wamena] -- ada dua kasus, Persik Kediri dan Persepam [Madura Utama]"
PSSI

KLIKPOSITIF -- PSSI harus membayarkan denda ratusan juta rupiah kepada FIFA setelah dinilai telah lalai dalam mengaplikasikan hukuman kepada enam anggotanya yang ditetapkan terlibat masalah sengketa pemain. Denda sebesar CHF 30.000 atau sekitar Rp427 juta wajib dibayar PSSI.

FIFA tak merinci siapa klub yang menyebabkan PSSI terhukum. Namun ketua pelaksana tugas PSSI, Joko Driyono sudah mengetahuinya. "Itu ada kaitannya ada empat klub yang tidak berkompetisi di Liga 1, ada Persegres [Gresik United], Madura United, Persiwa [Wamena] -- ada dua kasus, Persik Kediri dan Persepam [Madura Utama]," kata Joko.

Sebenarnya kasusnya macam-macam, ada yang mulai tahun 2013, 2014 dan seterusnya. Tapi, keputusannya Komdis final di 2017, kisaran bulan Juli-Agustus. Khususnya di Liga 1 sangat mudah dieksekusi yakni Persegres dan Madura
"United pengurangan poinnya, tidak ada masalah itu tereksekusi. Sudah dieksekusi, kalau di klasemen terakhir terjadi koreksi poin," sebut Jokdri.

"Tapi untuk Wamena, Kediri dan Persepam, karena sistem kompetisinya berbeda dengan Liga 1, tentu kami ingin mengimplementasikan ini untuk menjaga stabilitas kompetisi. Ingin mengimplitasikan sebenarnya di awal bulan Maret. Tapi di kompetisi kita di Liga 2 dan Liga 3, bahkan belum on tahun ini," tambahnya.

Lebih jauh, Joko menjabarkan masalah sengketa pemain yang dialami tak jauh-jauh dari pelanggaran kontrak dari klub kepada pemain. Seperti misalnya penunggakan gaji, gaji yang tidak dibayar hingga pemutusan kontrak secara sepihak tanpa melalui komunikasi kedua belah pihak. (*)

sumber: goal.com