88 Tahun PSSI dalam Angka

"banyak harapan yang dilayangkan terhadap prestasi sepakbola tanah air di setiap momen ulang tahun PSSI"
88 tahun PSSI. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Tanggal 19 April 2018, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berusia 88 tahun. Ucapan selamat dan doa datang dari berbagai kalangan. Seiring perjalanan sejak berdiri hingga sekarang, banyak harapan yang dilayangkan terhadap prestasi sepakbola tanah air di setiap momen ulang tahun PSSI.

Di usia yang semakin matang, apa saja pencapaian dan catatan yang sudah dibukukan oleh organisasi yang sebelumnya bernama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia ini?

Berikut delapan angka dan data dari dirgahayu ke-88 PSSI:
16
Jumlah Ketua Umum yang menjabat sejak pertama kali berdiri hingga tahun 2018. Ir. Soeratin Sosrosoegondo menjadi Ketua Umum PSSI perdana, dan saat ini diemban oleh Ketua Umum ke-16, Let. Jend. Edy Rahmayadi (periode 2016-2020).

77
PSSI tercatat sebagai anggota resmi ke-77 FIFA. Dalam Kongres FIFA yang dilaksanakan di Helsinki, Finlandia pada 1 November 1952, bersama dengan lima negara lainnya yaitu Sri Lanka, Ethiopia, Laos, Singapura dan Venezuela, Indonesia melalui PSSI resmi menjadi anggota FIFA. Di tahun yang sama, PSSI juga resmi diterima menjadi anggota AFC.

34
PSSI sampai saat ini telah memiliki 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Setiap Asprov merupakan perpanjangan tangan PSSI di tingkat provinsi dalam hal pengelolaan, pengembangan, dan administrasi. Tahun ini, Asprov ditugaskan untuk menyelenggarakan kompetisi Liga 3 di masing-masing provinsi.

626
PSSI saat ini telah memiliki 626 pelatih berlisensi AFC (Lisensi A, B, dan C). Jumlah ini akan terus bertambah seiring rencana PSSI untuk mengadakan 34 Kursus Pelatih AFC di tahun ini. Terbaru, PSSI untuk pertama kalinya menggelar kursus lisensi AFC Pro yang diikuti 24 pelatih yang terdiri dari 20 pelatih lokal dan 4 pelatih asing.

8
PSSI tercatat memiliki ... Baca halaman selanjutnya