Piala Dunia 2018: Kroasia Negara Pecahan Perang yang Terus Buat Kejutan di Piala Dunia

Timnas Kroasia.
Timnas Kroasia. (FIFA)

KLIKPOSITIF -- Sebagai peserta di Piala Dunia 2018, Kroasia bukan negara yang bisa dipandang sebelah mata. Negara yang pernah menjadi bagian dari Yugoslavia ini memiliki kecendrungan untuk menaklukkan negara-negara kuat dalam setiap gelaran turnamen Internasional.

Tim Nasional Kroasia yang disetujui sebelumnya mewakili Banovina (singkat dari Kroasia dan Negara Independen Kroasia) dalam 19 pertandingan persahabatan antara tahun 1940 dan 1944 ini memang belum menunjukkan kekuatan di awal-awal kompetisi Internasional yang diikuti.

Bahkan, Timnas ini sempat dibubarkan pada tahun 1945 saat Kroasia menjadi negara bagian federasi federasi SFR Yugoslavia dan dengan demikian tidak memenuhi syarat untuk memasukkan tim terpisah untuk pertandingan kompetitif. Sampai tahun 1990, pemain lokal malah bermain untuk Timnas Yugoslavia.

Baca Juga

Barulah, pada tahun 1990 Timnas Kroasia modern dibentuk, sesaat sebelum kemerdekaan bangsa dari Yugoslavia dan pada tahun 1993 diakui oleh FIFA dan UEFA. Timnas Kroasia sendiri memainkan pertandingan kompetitif pertamanya dalam kampanye kualifikasi yang berhasil untuk EURO 1996, yang menjadi cikal bakal kebangkitannya.

Dalam debut Piala Dunia FIFA Kroasia pada tahun 1998, Kroasia berhasil finis sebagai juara tiga dan Davor Šuker menjadi pencetak gol terbanyak saat itu. Setelah itu, Timnas Kroasia tampil meyakinkan di turnamen Internasional dan hanya gagal lolos hanya pada satu Piala Dunia (2010) dan satu Kejuaraan Eropa (2000).

Kroasia diberi nama “Penggerak Terbaik FIFA” pada tahun 1994 dan 1998, satu-satunya tim – bersama dengan Kolombia – untuk memenangkan penghargaan tersebut lebih dari sekali. Setelah masuk ke FIFA, Kroasia berada di peringkat 125 dunia.

Setelah kampanye Piala Dunia 1998, tim tersebut naik ke posisi ketiga dalam peringkat, membuatnya menjadi tim yang paling mudah berubah dalam sejarah Peringkat FIFA. Per 12 April 2018, Timnas Kroasia melesat cepat dan saat ini berada di peringkat 18 FIFA.

Timnas Kroasia lolos dengan Play-off pada 12 November 2017 dengan begitu Kroasia dipastikan mendapatkan tiket untuk dapat bergabung pada pertandingan akbar Piala Dunia 2018 di Rusia. Lolos dari grup I membuat semangat Kroasia kembali bangkit untuk dapat menerjang lawannya nanti pada ajang Piala Dunia 2018.

Tim-tim yang tergabung dalam grup I pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA diantaranya Kroasia, Ukraina, Islandia, Turki, Finlandia dan Kosovo. Untuk juara grup otomatis lolos menjadi bagian 32 tim Piala Dunia 2018, sedangkan runner-up grup harus mengikut play-off ronde kedua untuk lolos ke putaran Final Piala Dunia 2018.

Dengan pemain-pemain berlabel bintang seperti Mario Mandzukic (Juventus), Luka Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic (Barcelona), Dejan Lovren (Liverpool) hingga Ivan Perisic (Inter Milan) membuat tim ini patut masuk dalam prediksi kandidat juara di Piala Dunia 2018. (*)

Skuat Timnas Kroasia:
Kiper:
Danijel Subašić (Prancis - Monaco)
Lovre Kalinić (Belgia - KAA Gentz)
Dominik Livaković (Kroasia - Dinamo Zagreb)

Belakang:
Domagoj Vida (Ukraina - Dynamo Kyiv)
Dejan Lovren (Inggris - Liverpool)
Šime Vrsaljko (Spanyol - Atlético Madrid)
Josip Pivarić (Ukraina - Dynamo Kyiv)
Matej Mitrović (Turki - Beşiktaş)
Zoran Nižić (Kroasia - Hajduk Split)
Antonio Milić (Belgia - Oostende)

Tengah:
Luka Modrić (Captain) (Spanyol - Real Madrid)
Ivan Rakitić (Spanyol - Barcelona)
Ivan Perišić (Italia - Internazionale Milan)
Milan Badelj (Italia - Fiorentina)
Marcelo Brozović (Italia - Internazionale Milan)
Marko Rog (Italia - Napoli)
Filip Bradarić (Kroasia - HNK Rijeka)
Mario Pašalić (Rusia - FC Spartak Moscow)

Depan:
Mario Mandžukić (Italia - Juventus)
Nikola Kalinić (Italia - AC Milan)
Andrej Kramarić (Jerman - 1899 Hoffenheim)
Duje Čop (Belgia - Standard Liège)
Ivan Santini (Prancis - Caen)

sumber: FIFA

Penulis: Agusmanto | Editor: Eko Fajri