Piala Dunia 2018: Tantangan The Samurai Blue di Grup Neraka

"ini menjadi kompetisi keenam mereka secara beruntun dalam pergelaran sepakbola tertinggi di dunia sejak debut pada tahun 1998 silam"
Timnas Jepang (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Jepang jadi tim keempat yang memastikan diri tampil di putaran final Piala Dunia 2018. Hasil ini didapat setelah Jepang mengalahkan Australia 2-0 pada kualifikasi zona AFC. Tim asuhan Vahid Halilhodžić ini kokoh di puncak klasemen dan dipastikan lolos ke putaran final.

Timnas Jepang berhasil mengumpulkan 20 poin dari 10 pertandingan dengan 6 kemenangan, 2 hasil seri dan 2 kekalahan. Hasil ini tentu membanggakan mengingat ini menjadi kompetisi keenam mereka secara beruntun dalam pergelaran sepakbola tertinggi di dunia sejak debut pada tahun 1998 silam.

Pencapaian tersebut sangat fenomenal dan bersejarah bagi tim Samurai walaupun pada akhirnya mereka harus tersisih dengan cepat di kejuaraan tersebut setelah menelan tiga kekalahan. Namun, pencapaian tersebut merupakan tonggak yang amat penting bagi perkembangan sepakbola di negara mereka.

Empat tahun sesudahnya, mereka membuat sejarah lainnya dengan menjadi tuan rumah Asia pertama bersama Korea Selatan. Dalam hal penampilan, mereka membuat peningkatan yang cukup berarti. Lolos dari babak penyisihan grup dengan status juara grup di atas negara yang lebih mapan seperti Rusia, Belgia dan Tunisia.

Tapi, pada edisi ini langkah Jepang akhirnya terhenti dibabak 16 besar setelah dikalahkan dengan skor tipis 0-1 oleh Turki. Dua edisi Piala Dunia berikutnya berakhir dengan hasil yang berbeda untuk Jepang. Piala Dunia Jerman 2006 merupakan edisi yang mengecewakan dimana mereka harus tersisih di fase grup dengan mengantongi 1 poin.

Hasil yang berbeda terjadi pada tahun 2010 di Afrika Selatan, dimana mereka mampu mengulangi pencapaian edisi 2002 dengan mencapai babak 16 besar. Pencapaian tersebut terbilang mengejutkan karena di fase grup mereka menghadapi Belanda, Kamerun dan Denmark yang diatas kertas jauh lebih baik.

Jepang meraih tiket ke Piala Dunia beruntun untuk yang kelima sepanjang sejarah mereka ketika tergabung di Grup C Piala Dunia ... Baca halaman selanjutnya