Timnas Indonesia U-19 akan Menjamu Jepang U-19

"agenda pertarungan antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Jepang U-19 pada Maret 2018"
Para penggawa Timnas U-19. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Timnas senior Indonesia gagal mendapatkan uji coba penting melawan Timnas Jepang. Itu dikarenakan Jepang sedang fokus di persiapan jelang menghadapi Piala Dunia 2018. Sebagai gantinya, Timnas Indonesia akan mendapatkan lawan yang jenjang usianya lebih muda.

Ada agenda pertarungan antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Jepang U-19 pada Maret 2018. Hal itu disampaikan Wakil Ketua PSSI Joko Driyono dalam konferensi pers J-League Asia Challenge yang mempertemukan FC Tokyo dan Bhayangkara FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Rencananya, Timnas Jepang U-19 akan datang ke Jakarta pada Maret 2018. "Jadi, pada 2018 hampir tak memiliki kesempatan bagi timnas senior Jepang untuk datang. Tapi, U-19 mereka akan datang pada bulan Maret di Jakarta untuk friendly match," kata pria yang akrab disapa Jokdri itu di Kantor PSSI.

Tak menutup kemungkinan pula Timnas U-19 akan mendapatkan lawan-lawan dari tim Asia lainnya. "Tentu kita welcome juga dengan negara-negara Asia yang mau datang dan akan tampil di putaran final Piala Asia U-19 2018 nanti," tambahnya.

Kehadiran Timnas Jepang U-19 ini adalah bentuk hubungan baik mereka dengan Indonesia. Terlebih, PSSI juga sudah menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Kerja sama itu sendiri sudah terjalin dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden AFF itu, kerja sama PSSI dengan JFA meliputi tiga hal. Itu adalah terkait football development, league management dan club management. "Sehingga dengan tiga hal tadi terbuka kesempatan pertukaran pelaku-pelaku sepak bola di level klub, liga, maupun pemain, pelatih, wasit," tegas Jokdri.

Bahkan, sejak 11 Januari kemarin, Indonesia juga kedatangan instruktur wasit dari Jepang yang melakukan pelatihan untuk wasit-wasit Indonesia. Program tersebut akan berjalan hingga dua tahun ke depan.

"Bahkan kita bersepakat juga dibantu oleh guideline dari ... Baca halaman selanjutnya