Pengamat: Dengan Coutinho, Lini Serang Barcelona Lebih Berwarna

"Posisi yang akan diisi oleh mantan pemain Liverpool itu masih menjadi tanda tanya"
Philipe Coutinho berseragam Fc Barcelona (Goal)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Kehadiran pemain asal Brazil Philipe Coutinho dalam jajaran skuad FC Barcelona disambut baik oleh penggemar klub yang berbasis di Katalonia tersebut.

Namun kini, posisi yang akan diisi oleh mantan pemain Liverpool itu masih menjadi tanda tanya. Hanya saja ia dinilai bakal membuat lini serang tim asuhan Valverde menjadi lebih berwarna.

Seperti diketahui, Coutinho pun dapat bermain di berbagai posisi, antara lain gelandang tengah dan penyerang sayap kiri.

Guillem Balague pada Sky Sports menyebutkan, Coutinho memiliki kemungkinan untuk bermain sebagai gelandang serang. Sebab Barcelona mulai menggunakan strategi dengan menempatkan dua penyerang, yakni Luis Suarez dan Lione Messi.

Bagi Balague, strategi itu dilakukan karena kurang maksimalnya peran Ousmane Dembele yang lama absen karena dihantam cedera.

Berkaca dari pengalaman Coutinho selama di Liverpool, publik menganggap bahwa ia akan menjadi pengganti Andres Iniesta yang telah memasuki usia senja di sepakbola.

Hanya saja, pendapat demikian dibantah keras oleh Balague, "Anda tidak bisaa membandingkan mereka saat ini. Iniesta adalah salah satu pemain terbaik di dunia," katanya.

Namun memang Valverde saat ini tampak menghemat pemakaian Iniesta karena fokus pada laga-laga di Liga Champions.

Terkait dengan posisi gelandang serang, balague menilai Messi akan diuntungkan karena hanya fokus mencetak gol tanpa harus turun ke lini kedua untuk menjemput bola.

"Messi butuh seseorang untuk memberinya suplai bola. Saat ini Messi melakukan segalanya di Barcelona. Dia turun mencari bola untuk membuat peluang serta mencetak gol," paparnya.

Di sisi lain, ia mengakui bahwa Barcelona cukup kesulitan pasca hengkangnya Neymar Jr ke Paris Saint-Germain di lini serang.

Kendati demikian hadirnya Coutinho otomatis menjadi solusi. Sebab pemain muda 25 tahun itu sering kali menghuni posisi penyerang sayap kiri semasa ... Baca halaman selanjutnya