Dipersunting Barcelona, Coutinho Dampingi Neymar di Deretan Pemain Termahal di Dunia

"Nilai tranfer Coutinho itu setara dengan Rp2,5 trilun"
Philipe Coutinho (Goal)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Barcelona sebentar lagi akan memiliki seorang pemain baru. Ia adalah Philippe Coutinho yang dipinang oleh Azulgrana dari Liverpool. Dalam pinangan itu, pemain asal Brazil tersebut dibenderol dengan nilai tranfer mencapai 160 juta Euro.

Nilai tranfer Coutinho itu setara dengan Rp2,5 trilun. Dengan demikian ia resmi menjadi pemain sepakbola termahal kedua di dunia, setelah Neymar saat pindah ke Paris Saint-Germain.

Dalam tranfer itu, Barcelona akan membayar 120 juta Euro di awal dan sisanya akan dibayar tergantung peforma Cautinho.

Dengan nilai transfer segitu, winger 25 tahun itu hanya kalah dari rekor transfer Neymar, yang dibeli Paris Saint-Germain dari Barcelona dengan 222 juta Euro pada Agustus 2017.

Namun demikian, rekor transfer Coutinho hampir pasti akan disusul oleh Kylian Mbappe. Penyerang muda asal Perancis itu bisa menempati peringkat dua pesepakbola termahal kedua di dunia setelah PSG mempermanenkan posisi Mbappe dari AS Monaco.

Menariknya pesepakbola termahal ketiga di dunia saat ini juga memperkuat Barcelona, yakni Ousmane Dembele, yang dibeli Azulgrana dari Borussia Dortmund dengan biaya 105 juta Euro ditambah sejumlah variabel kontrak sebesar 40 juta Euro.

Coutinho juga dipastikan menjadi pesepakbola termahal yang dibeli dari klub Liga Primer Inggris, mengalahkan rekor Gareth Bale yang diboyong Real Madrid dari Tottenham Hotspur pada 2013.

Seperti diketahui Coutinho sendiri sudah menjadi incaran Barcelona sejak klub yang bermarkas di Camp Nou itu melepas Neymar ke PSG. Namun, Liverpool tiga kali menolak tawaran Barcelona pada awal musim ini.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengaku tidak bisa menahan keinginan Coutinho ke Barcelona. Klopp bahkan mengatakan bahwa ia sudah ingin ke Barcelona sejak Juli 2017.

"Bukan rahasia lagi, Coutinho menginginkan langkah ini terjadi sejak Juli lalu, saat Barcelona kali pertama menyatakan ketertarikannya. ... Baca halaman selanjutnya