Ini Jadwal Timnas Indonesia Semua Tingkatan di Tahun 2018

PSSI
PSSI (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Sepanjang tahun 2017 Timnas Indonesia sudah melewati sejumlah kompetisi Internasional meskipun belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Tentunya, di tahun 2018 ini, Timnas Indonesia dari semua tingkatan yang ada akan memberikan hasil positif untuk masyarakat Indonesia.

Berikut jadwal dari semua tingkatan di tahun 2018:
1. Timnas Indonesia Senior:
Timnas Indonesia Senior hanya menjalani pertandingan ujicoba menghadapi sejumlah tim. Pada tahun 2018, mereka akan menjalani kompetisi resmi yaitu Piala AFF 2018. Kompetisi tersebut akan berlangsung pada 8 November hingga 15 Desember 2018.

baca juga: Kembali Bergulir, Ini Jadwal Pekan ke-28 Liga Spanyol 2019/2020

Kompetisi ini akan menjadi kompetisi resmi pertama selama Timnas Senior di bawah asuhan Luis Milla. Piala AFF 2018 akan diikuti oleh 10 tim yang dibagi menjadi dua grup. Di babak grup, masing-masing tim akan menjalani dua laga kandang dan laga tandang.

Setelah penyisihan babak grup, tim yang lolos akan menjalani babak semifinal. Babak semifinal dan final akan dilakukan dengan sistem dua leg kandang dan tandang. Sebelum Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Senior akan menjalani sejumlah laga ujicoba di antaranya adalah menghadapi Islandia pada 14 Januari mendatang.

baca juga: Resmi, PSG Permanenkan Mauro Icardi

2. Timnas Indonesia U-23:
Timnas Indonesia U-23 akan menjalani kompetisi Asian Games pada tahun 2018 ini. Sebelum kompetisi tersebut berlangsung, tim besutan Luis Milla itu juga akan menjalani sejumlah laga ujicoba. Asian Games 2018 akan berlangsung mulai tanggal 18 Agustus hingga 2 September.

Indonesia akan menjadi tuan rumah. Ada beberapa tempat yang disiapkan menjadi panggung cabang sepakbola di antaranya adalah Stadion Harupat, Stadion Patriot, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Pakansari dan Gelora Bandung Lautan Api.

baca juga: Dimulai 20 Juni, Torino vs Parma Jadi Laga Pembuka Serie A

Jika pada tahun 2014 lalu, Indonesia hanya mampu lolos ke babak 16 besar, tahun ini pasukan Garuda dituntut bisa lolos hingga semifinal. Oleh sebab itu, persiapan yang matang perlu dilakukan.

3. Timnas Indonesia U-19:
Timnas Indonesia U-19 akan menjalani dua kompetisi resmi di tahun baru ini. Sepanjang tahun 2018, tim besutan Bima Sakti tersebut akan menghadapi Piala AFF U-18 dan Piala Asia U-19. Pada dua kompetisi tersebut, Timnas U-19 akan membuka lembaran baru.

baca juga: Restart La Liga, Real Madrid diklaim Tidak Akan Gunakan Stadion Santiago Bernabeu

Jika pada kompetisi resmi sebelumnya mereka masih bersama pelatih Indra Sjafri, tahun ini Egy Maulana Vikri dkk. akan bermain bersama dengan pelatih baru. Piala AFF U-18 akan berlangsung pada bulan Juli mendatang, mulai tanggal 2-14.

Indonesia akan berada di Grup A bersama dengan Thailand, Vietnam, Singapura, Laos dan Filipina. Sementara itu Piala Asia U-19 akan berlangsung pada 18 Oktober hingga 4 November. Indonesia menjadi tuan rumah dalam kompetisi ini.

Pasukan Garuda Muda dituntut mendapat prestasi yang membanggakan, paling tidak bisa lolos ke babak semifinal. Belum diketahui lawan Indonesia U-19 di babak grup Piala Asia U-19 karena memang belum dilakukan drawing. Namun bisa dipastikan Indonesia akan berada di pot satu karena bertindak sebagai tuan rumah.

4. Timnas Indonesia U-16:
Timnas Indonesia U-16 akan menjalani dua kompetisi resmi sepanjang tahun 2018. Kompetisi pertama yaitu Piala AFF U-15 dan kedua Piala Asia U-16. Piala AFF U-15 akan berlangsung pada 29 Juli hingga 11 Agustus tahun ini. Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam kompetisi ini.

Indonesia diharapkan akan membawa gelar juara di turnamen ini. Pasukan Fakhri Husaini akan berada di Grup A di Piala AFF U-15 2018. Lawan yang akan dihadapi di babak grup adalah Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Filipina.

Kemudian, Piala Asia U-16 tahun 2018 akan berlangsung di Malaysia. Turnamen tersebut akan berlangsung pada 20 September hingga 7 Oktober mendatang. Indonesia berada di pot empat. Belum dilakukan undian sehingga belum diketahui lawan yang akan dihadapi Indonesia di babak grup. (*)

sumber: PSSI

Penulis: Agusmanto