Ligue 1 Resmi Gunakan VAR dalam Pertandingan Musim Depan

"Premier League menjadi satu-satunya kompetisi elit di Eropa yang belum menggunakan VAR"
Penggunaan VAR di pertandingan sepakbola. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Badan Liga Prancis (LFP) melalui situs resminya, Jumat 15 Desember 2017 mengkonfirmasi peresmian penggunaan Video Assistant Referee (VAR) mulai musim depan.

"Petinggi LFP pada hari Kamis 14 Desember menyetujui prinsip penggunaan VAR di Ligue 1 untuk musim 2018-19. Penggunaan bantuan VAR ini telah diinginkan oleh semua orang dalam permainan," bunyi pernyataan LFP.

Penggunaan teknologi VAR memungkinkan wasit untuk melihat cuplikan kejadian di lapangan sebelum membuat keputusan dalam situasi krusial. VAR digunakan untuk melihat keabsahan gol, keputusan penalti, kartu merah langsung dan kesalahan pemberian kartu atau kejadian yang luput dari pengawasan wasit.

Presiden Federasi Sepak Bola Prancis, Noel Le Graet menyambut baik penggunaan teknologi tersebut. Menurut Le Graet, hal ini sudah dinantikan oleh seluruh petinggi klub Prancis demi berlangsungnya pertandingan yang adil.

"Jika semuanya berjalan baik, kami harus memulai penggunaan VAR pada awal musim depan," kata Noel Le Graet, seperti dikutip Sports Mole.

"Saya pikir ini adalah inisiatif yang bagus, semua presiden klub menginginkannya, seperti juga wasit, dan para pengamat lainnya," ucap Le Graet.

Ligue 1 akan mengikuti jejak Serie A dan Bundesliga yang sudah memulai penggunaan VAR sejak awal musim 2017-2018 dan juga La Liga yang baru memulai musim depan. Dengan demikian, Premier League menjadi satu-satunya kompetisi elit di Eropa yang belum menggunakan VAR. (*)

sumber: LFP, Sports Mole