Mencari Pelatih Baru Italia, Ini Kandidatnya

"Namun kepandaian mengorbitkan pemain muda saja tidak cukup untuk memegang kendali armada besar Italia."
Antonio Conte (Skysport)

KLIKPOSITIF -- Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 menimbulkan pertanyaan besar. Mungkin masih wajar apabila mereka gagal menjadi juara, tapi kalau lolos saja sudah tidak mampu, pasti ada yang tidak beres dalam tubuh Italia saat ini.

Kegagalan ini merupakan kegagalan Italia yang pertama kalinya sejak 1958. Kala itu, Italia tak lolos ketika Piala Dunia berlangsung di Swedia. Lalu kali ini, Swedia kembali menjadi mimpi buruk lagi karena Italia tak bisa mengatasi mereka di pertemuan playoff yang menentukan.

Ventura yang bekerja sebagai pelatih Italia sejak 2016 menggantikan Antonio Conte pun menjadi sorotan utama. Sepertinya, memang ia tak punya kapasitas yang mumpuni untuk melatih pasukan Gli Azzurri.

Secara kualitas pemain, Italia tentu saja memiliki komposisi materi yang sangat bagus. Mulai dari penjaga gawang hingga pemain depan adalah para pemain kenamaan di Eropa. Sebut saja Gianluigi Buffon sebagai kiper utama, di lapis kedua masih ada nama Gianluigi Donnarumma. Kemudian di lini belakang, Italia punya Leonardo Bonucci. Di tengah, mereka punya Marco Verratti dan Ciro Immobile sebagai ujung tombak. Itu hanya sebagian nama saja.

Dalam sejarah perjalanan karier Ventura sebagai pelatih, memang ia tidak terbiasa melatih tim bertabur bintang. Sebelum melatih Italia, pria 69 tahun tersebut pernah menangani sejumlah klub termasuk Torino, Bari AS Pisa. Ia juga pernah menangani Napoli selama setahun antara 2004 hingga 2005. Namun tak ada gelar di kompetisi bergengsi yang pernah mencatut namanya.

Salah satu faktor yang membuatnya terpilih sebagai pelatih Italia adalah kepandaiannya memoles pemain muda hingga menjadi pemain cukup apik. Hal itu diakui oleh presiden FIGC, Carlo Tavecchio.

"Dia melatih banyak pemain yang terus bermain untuk Italia. Dia memiliki pengalaman hebat dalam melatih pemain muda dan saya percaya bahwa dia selalu memiliki rasa kesetiaan yang ... Baca halaman selanjutnya