Sengketa Kampiun Liga 1 Hingga FIFA yang Kebingungan

"Di saat Bhanyangkara merayakan kemenangan setelah diumumkan operator liga sebagai juara Liga Indonesia, di tempat lain Bali United juga menrayakan 'kemenangan'."
Bhayangkara FC dan Bali United Sama-sama Melakukan Perayaan (net)

KLIKPOSITIF -- Liga Indonesia musim 2017 berakhir, Bhayangkara FC keluar sebagai kampiun. Ada pro dan kontra soal Bhayangkara yang menjadi juara.

Ada dua klub yang 'keluar' sebagai juara. Di saat Bhanyangkara merayakan kemenangan setelah diumumkan operator liga sebagai juara Liga Indonesia, di tempat lain Bali United juga menrayakan 'kemenangan'.

Di akhir liga, Bhayangkara FC dan Bali United sama-sama mengoleksi nilai 68. Meski unggul selisih gol, Bali United kalah head to head dari Bhayangkara. Persoalannya muncul di pekan 32 Gojek Traveloka Liga 1. Saat itu Bali United memimpin klasemen dengan 65 poin setelah menang atas PSM Makassar dengan skor 1-0.

Bhayangkara tiba-tiba mendapat 'hadiah' dua poin karena Mitra Kukar yang dihadapi di pekan ke 32 dinyatakan kalah WO. Dalam pertandingan yang berkahir 1-1 itu, Mitra Kukar terbukti memainkan Sissoko yang sedang menjalani akumulasi kartu. Bhayangkara pun memiliki poin sama 65 dengan Bali United dan menyisakan dua laga.

Di penghujung liga, Bali United dan Bhayangkara FC sama-sama mengoleksi 68 poin. Namun, Bhayangkara unggul head to head. meskipun di laga terakhir kontra Persija, Bhayangkara FC kalah, mereka tetap keluar sebagai juara. Tapi operator liga seolah-olah belum mau menyatakan Bhayangkata sebagai juara.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha. "Yang namanya juara di satu kompetisi penuh itu dilansirkan setelah seluruh pertandingan di seluruh lini selesai. Jadi statement belum juara itu bukan gara-gara Mitra Kukar dan Bali. Tapi kompetisi penuh itu maknanya kita harus berjuang sampai titik darah penghabisan," ucap Ratu dikutip dari Bola.net.

Kondisi ini membuat banyak yang mengkritik operator liga ataupun PSSI. Salah satunya dari kapten PSM Makasar Hamka Hamzah. Hamkah meminta operator liga segera berbenah.

"Wow, terus duel PSM vs BALI kalian anggap apa PT LIB, uji coba? Bahkan kami dengan Bali memperlihatkan ... Baca halaman selanjutnya