Italia Gagal ke Piala Dunia 2018, Lima Pemain Ini Gantung Sepatu

"Kegagalan ini juga menjadi akhir yang suram bagi penghujung karier sejumlah pemain-pemain ternama di skuat Azzurri"
Gianluigi Buffon dan Victor Lindelof. (skysports)

KLIKPOSITIF -- Timnas Italia secara mengejutkan gagal melaju ke babak utama Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia. Kegagalan ini juga menjadi akhir yang suram bagi penghujung karier sejumlah pemain-pemain ternama di skuat Azzurri.

Gianluigi Buffon tercatat sebagai pemain pengoleksi caps terbanyak di Timnas Italia sepanjang sejarah. Dengan penampilan terakhir melawan Swedia di San Siro, Selasa dini hari, kiper berusia 39 tahun itu sudah mengoleksi 175 caps.

Jumlah penampilannya itu jauh melampaui capaian legenda-legenda macam Fabio Cannavaro (136 caps), Paolo Maldini (126 caps), hingga Dino Zoff (112 caps). Buffon mengawali debutnya bersama Timnas Italia senior pada 29 Oktober 1997, di bawah asuhan Cesare Maldini.

Dia dimainkan pertama kali saat Italia menghadapi Rusia dalam babak play-off Piala Dunia 1998. Ia bermain selama 58 menit dan Italia bermain imbang 1-1 kala itu. Karier Buffon tidak serta merta mulus. Di Piala Dunia 1998, ia yang saat itu masih berusia 20 tahun, belum menjadi pilihan utama.

Cesare Maldini masih mengandalkan Gianluca Pagliuca di bawah mistar gawang. Buffon hanya duduk di bangku cadangan sampai Italia gugur di babak perempat final, kalah adu penalti 3-4 oleh tuan rumah Prancis.

Sempat dipercaya sebagai kiper utama dalam selama babak kualifikasi Piala Eropa 2000 di tahun 1999, Buffon malah kembali tersisih di putaran final. Italia mengandalkan Francesco Toldo mulai dari babak penyisihan grup sampai partai final melawan Prancis. Italia kalah di final dari Prancis, dengan skor 1-2.

Buffon baru benar-benar menjadi kiper nomor satu Italia sejak babak kualifikasi Piala Dunia 2002 di tahun 2001. Hingga sekarang usianya hampir menginjak angka 40, ia tetap digdaya di bawah mistar gawang Gli Azzuri. Hanya cedera atau saat pertandingan tidak penting saja ia tidak dimainkan.

Selain Buffon, ada empat pemain yang juga sudah mengoleksi banyak caps yang tergabung dalam ... Baca halaman selanjutnya