Buffon Akhiri Karir dengan Kegagalan Italia

"Italia dinyatakan gagal ke kompetisi tertinggi dunia itu karena kalah agregat 1-0 dari Swedia"
Gianluigi Buffon (Gola.com)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Penjaga gawang sekaligus pemain veteran Italia Gianluigi Buffon memutuskan untuk pensiun setelah tim nasional Italia gagal di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

Italia dinyatakan gagal ke kompetisi tertinggi dunia itu karena kalah agregat 1-0 dari Swedia atas dua pertandingan. Kegagalan pada laga yang digelar dini hari tadi tentu adalah pukulan telak bagi negara yang pernah menjuarai Piala Dunia tersebut.

"Ini amat mengecewakan. Bukan bagi saya, tapi bagi sepak bola Italia karena kami gagal pada sesuatu yang amat penting untuk negara kami," katanya.

Ia cukup menyesal telah mengakhiri karirnya di sepakbola dengan kegagalan tim nasional Italia.

"Dan ini sangat disayangkan, tapi ini sudah saatnya mundur. Suasana hati anda tidak akan sebagus ketika anda pensiun saat tim anda menang, tapi waktu terus berjalan," ucap kiper Juventus tersebut.

Kiper yang sudah mengantongi 175 kali penampilan membela Gli Azzurri ini juga enggan menyalahkan pelatih, Giampiero Ventura, atas kegagalan timnya.

"Di sepak bola, Anda menang dan kalah sebagai satu tim. Anda harus memisahkan antara pujian dan menyalahkan," tutur dia.

"Namun, masih ada masa depan bagi sepak bola Italia karena kami masih memiliki kebanggaan, kemampuan, keinginan kuat dan setelah terjatuh, kami masih bisa menemukan cara untuk bangkit," pungkas Buffon.(*)