PSSI: Lisensi AFC Tunggu Gojek Traveloka Liga 1 Berakhir

"Lisensi tersebut merupakan salah satu syarat untuk ikut serta dalam Liga Champion Asia 2018"
Ilustrasi (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia bakal segera mengumumkan klub bola tanah air yang berhak mendapatkan lisensi AFC.

Lisensi tersebut merupakan salah satu syarat untuk ikut serta dalam Liga Champion Asia 2018 dan untuk runner up serta peringkat tiga liga akan tampil di AFC Cup 2018.

Manajer Departemen Lisensi Klub PSSI Tigor Shalomboboy mengatakan AFC sendiri sudah mengirim undangan pemberitahuan kepada PSSI untuk mendaftarkan klub yang bakal tampil di dua kejuaraan tersebut.

"Jadi saat ini ada enam klub yang tengah bersaing di klasemen puncak Gojek Traveloka Liga 1," kata Tigor.

Enam klub tersebut yakni Bhayangkara FC (59 poin), Bali United (58), PSM Makassar (58), Persipura Jayapura (56), Madura United (54) dan Persija Jakarta (52).

"Selain itu kami juga harus menunggu hasil kompetisi Liga 1 2017 berakhir dulu pada 12 November mendatang," sebut Tigor.

Sebenarnya ia menyebut, pemberkasan lisensi klub AFC ditutup akhir September dan dirilis 17 Oktober.

Namun, karena kelengkapan berkas masih dianggap kurang, PSSI memberikan pendampingan dan memperpanjang batas waktu penyerahan berkas sampai Senin 23 Oktober kemarin.

"Hari ini klub diberi kesempatan terakhir untuk melengkapi berkas. Sejauh ini progress positif, rencana tanggal 25 (Rabu) akan disampaikan hasil penilaian ke klub," jelas dia.

Tigor memastikan, meski mengalami pergeseran jadwal, tetapi mekanisme formal tetap berjalan. Setelah pengumuman, klub yang keberatan dengan hasil verifikasi bisa melakukan banding.

"Mungkin proses banding butuh dua hari, baru setelah itu diumumkan hasil banding. Tapi untuk penyerahan berkas dan hasil (verifikasi) ke AFC, tetap sesuai rencana awal yakni tanggal 31 Oktober," pungkas Tigor kemudian.(*)