Ingin Lepas Degradasi, Persiba Berhasrat Menangkan Derby Kalimantan

"Tim yang sedang naik daun, Persiba Balikpapan akan menjamu Barito Putera di Stadion Batakan"
Pertemuan kedua tim di putaran pertama lalu. (PT. Liga Indonesia Baru)

KLIKPOSITIF -- Bumi Borneo kembali dipanaskan dengan Derby tim Kalimantan pada pekan ke-30 Gojek Traveloka Liga 1, Jumat (20/10) malam. Tim yang sedang naik daun, Persiba Balikpapan akan menjamu Barito Putera di Stadion Batakan.

Menurut pelatih Barito, Jacksen F Tiago, Persiba berbahaya karena sangat termotivasi melepaskan diri dari zona degradasi, apalagi lawan juga bermain di Stadion Batakan yang sudah memakan banyak korban. Terbukti dalam laga terakhir, Persiba berhasil menekuk salah satu tim favorit juara, Bali United.

"Kemenangan Persiba atas Bali United justru hal bagus buat kami. Sehingga, pemain kami tidak menganggap enteng lawan dan tetap fokus," kata Jacksen.

Dijelaskan pelatih asal Brasil itu, menghadapi timnya Persiba akan berjuang mati-matian seperti saat mengalahkan Bali United. "Ini sudah hampir memasuki akhir musim, yang akan menentukan siapa yang juara dan degradasi. Semua tim akan mengerahkan kemampuan terbaik,” Jacksen menambahkan.

Maka itu, Jacksen menilai wajar melihat Persiba belakangan seperti memiliki tenaga ekstra. “Persiba dalam beberapa pertandingan besar mendapatkan hasil baik. Selain mengalahkan Bali United, mereka bermain draw melawan Persib Bandung. Makanya kami harus waspada," kata mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Melawan Persiba, dua pemain belakang Barito absen yakni Jecki Arisandi dan Seftia Hadi karena cedera. Kubu Persiba sendiri tidak mau terlalu lama bereuforia. Latihan intensif sudah digelar sejak Selasa (17/10) pagi.

“Pemain yang tampil di atas 70 menit, hanya latihan ringan. Sementara pemain yang duduk di bangku cadangan dan main sebentar, latihan dengan porsi normal,” kata pelatih Persiba, Haryadi.

Ditambahkan Haryadi, Rabu (18/10), pemainnya diberi jatah libur satu hari dan latihan dilanjutkan Kamis (19/10). “Program yang saya terapkan ini paling tepat untuk mengantisipasi persiapan jangka pendek sehingga kondisi ... Baca halaman selanjutnya