Mampukah Timnas U-16 Merebut Juara Grup Piala AFC?

"Jika Laos bisa mengalahkan Indonesia dan menang atas Thailand di laga terakhir, maka Laos akan unggul"
Timnas U-16 (Net)

BOLA, KLIKPOSITIF -- Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi lawan yang cukup berat ketika melawan Laos pada pertandingan terakhir tim di Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di Stadion Rajamangala, hari ini.

Kemenangan atas Thailand denga skor 1-0 beberapa waktu lalu membuat tim Garuda Asia selangkah lagi akan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018 yang akan digelar di Malaysia.

Jika mampu mengalahkan Laos, atau setidaknya meraih hasil imbang, maka Indonesia dipastikan akan menjadi juara Grup G. Tapi, Laos bukan lawan yang lebih mudah daripada Thailand.

Pelatih Fakhri Husaini meminta Timnas Indonesia U-16 tidak meremehkan Laos. Karena, timnas Laos U-16 adalah lawan yang lebih berat bagi Indonesia.

Pasalnya dalam pertemuan terakhir kedua tim di Piala AFF U-15 2017, 15 Juli 2017, Indonesia kalah 2-3 dari Laos. Sedangkan Thailand hanya mampu mengalahkan Indonesia 1-0 di ajang yang sama.

"Selanjutnya kami akan bertemu Laos dan kami harus hati-hati menghadapi mereka, karena kami kalah dari mereka di Piala AFF U-15," kata Fakhri dikutip dari situs resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Laos dianggap satu-satunya tim tersisa yang diprediksi bakal mampu menggeser Timnas dari posisi puncak klasemen Grup G.

Jika Laos bisa mengalahkan Indonesia dan menang atas Thailand di laga terakhir, maka Laos akan unggul head-to-head di klasemen akhir.

"Saat lawan Laos nanti, kami akan turun dengan formasi yang sedikit berbeda. Tapi, saya masih ingin melihat perkembangan percepatan pemulihan stamina para pemain," pungkasnya kemudian.(*)