Madrid atau Barcelona Juara La Liga?

" Tercatat sudah 35 kali juara kompetisi ditentukan lewat pertandingan terakhir."
Barcelona VS Real Madrid (skysports.com)

LIGA SPANYOL, KLIKPOSITIF -- Juara La Liga musim 2017/2018 ditentukan di pertandingan terakhir pada 21 Mei 2017. Gelar juara kembali diperebutkan antara Barcelona dan Real Madrid. Siapakah yang mengangkat tropi?

Skenarionya, jika Real Marid kalah di partai terakhir melawan Malaga, sementara Barcelona menang melawan Eibar, maka The Catalan akan mengangkat tropi karena unggul head to head.

Sebaliknya, Madrid hanya butuh hasil imbang melawan Malaga. Pasukan Luis Enrique dipastikan gigit jari jika El Real imbang karena poinnya tak akan lagi terkejar.

Ketatnya kompetisi di La Liga bukan kali ini saja terjadi. Tercatat sudah 35 kali juara kompetisi ditentukan lewat pertandingan terakhir.

Namun, relatif tak banyak kejutan yang terjadi. Hanya enam kali tim yang memimpin klasemen menuju pekan terakhir kemudian terpeleset dan gagal juara.

Dari enam kesempatan tersebut, Barcelona tercatat tiga kali merasakan juara dengan menikung tim pemuncak. Dua di antaranya bersaing dengan Real Madrid.

Ini terjadi pada musim 1991/1992 di mana Barca menyalip Madrid di pekan terakhir. Madrid takluk dari Tenefire dan Barca menang melawan Atheletic Bilbao. Barca pun jadi kampium.

Hal serupa kembali terulang setahun kemudian. Madrid lagi-lagi kalah dari Tenerife sementara Barca menang atas Real Socieded. Barca kembali mencuri gelar.

Barca menciptakan pengalaman serupa di musim 1993/1994. Kali ini, mereka menyalip Deportivo La Coruna yang di partai terakhir berimbang melawan Valenia sedang Barca menang 5-2 kontra Sevilla.

Selain Barca, tim lain yang menciptakan drama di pekan terakhir adalah Atletico Madrid di musim 1939/1940 saat bersaing dengan Sevilla. Lalu Valencia pada 1946/1947 yang menyalip Bilbao. (*)