Ini 24 Pemain Keturunan Indonesia di Eropa Barat

"Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik telah mengeluarkan data pemain sepakbola yang bermain di Belanda melalui surat No. 00862/DM/03/59/09"
Pemain naturalisasi Indonesia Stefano Lilipaly (tweetter)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Olahraga merilis 24 pemain sepakbola keturunan Indonesia yang saat ini tengah berkarir di Eropa Barat, hasil pendataan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang merupakan tindak lanjut dari surat Menteri Olahraga Imam Nahrawi yang dilayangkan pada 27 Januari 2017.

Imam Nahrawi pada tanggal 27 Januari 2017 telah mengirimkan surat kepada Menteri Luar Negeri Retno M. Priansari dengan Nomor. S.1.27.2/MENPORA/I/2017 terkait permohonan pendataan pemain sepakbola keturunan Indonesia yang berkualitas.

Dalam surat tersebut disebutkan, bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi para atlet Indonesia dalam mengikuti berbagai event internasional khususnya sepakbola, Pengurus PSSI saat ini sedang berupaya keras untuk lebih menekankan pada pembinaan usia dini pada beberapa jenjang tertentu sebagaimana yang sudah seharusnya dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu.

Pengurus PSSI berencana akan melakukan upaya naturalisasi secara sangat selektif, yang memang benar-benar berkualitas dan ada keinginan untuk dinaturalisasi, terhadap sejumlah pemain sepakbola yang saat ini sedang bermain di sejumlah klub di luar negeri.

Sehubungan dengan itu, Menpora meminta bantuan Menlu untuk menyampaikan arahan kepada para Kepala Perwakilan RI di kawasan Eropa Barat dan juga di negara Qatar agar melakukan pendataan terhadap potensi sejumlah pemain sepakbola keturunan Indonesia yang tentu saja dengan kompetensi dan prestasi yang berkualitas.

Atas hal tersebut Kementerian Luar Negeri melalui Plt. Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik telah mengeluarkan data pemain sepakbola yang bermain di Belanda melalui surat No. 00862/DM/03/59/09 tanggal 20 Maret 2017 yang ditujukan kepada Menpora berdasarkan informasi pendataan dari KBRI di Den Haag, Belanda.

Berikut daftar pemain sepakbola keturunan Indonesia yang berada di Eropa Barat

1. Joey Suk 08-07-1989 Gelandang Go Ahead Eagles Liga Utama

2. Sandy ... Baca halaman selanjutnya